Risiko Meludah di Sembarang Tempat

kalau kita melihat ke sekeliling kita, pasti kita akan menemukan orang-orang yang suka meludah di sembarang tempat. apalagi, bagi kita yang ke mana-mana menggunakan kendaraan umum berupa angkot, bis, atau bahkan jalan kaki untuk jarak dekat.

Meludah sembarangan memang merupakan kebiasaan buruk yang dilakukan oleh banyak orang. ketika saya menegur seorang teman yang sembarangan meludah, jawabannya adalah, "tenggorokan gw ga enak, ada dahaknya. masa gw simpen? kan penyakit". hmmm.. oke, itu memang penyakit. tapi ada kan cara lain yang lebih baik dari membuang ludahmu di tempat umum? cobalah ke toilet, buang ludahmu di sana, dan flush. penyakitmu hilang, dan kamu juga tidak menularkan penyakit untuk orang lain.

setelah googling ke beberapa tempat, saya menemukan beberapa penyakit yang bisa tersebar melalui hobi meludah sembarangan ini. penularan penyakit yang paling umum adalah influensa, tapi hepatitis pun dapat ditularkan melalui ludah. bahkan, ketika virus flu babi sedang marak-maraknya beredar, badan kesehatan Inggris melarang para pemain bola meludah di lapangan.

mengerti kan kenapa kebiasaan meludah sembarangan itu harus dihilangkan? ayo, kita hidup lebih sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan. ingatkan teman-teman yang suka meludah sembarangan. jika memang harus meludah, keluarkanlah di toilet, atau keluarkan ke dalam tissue, dan buang di tempat sampah.

Comments

  1. Dulu saya pernah ke suatu daerah dimana warga pada umumnya sering meludah sembarangan. Hal ini rasanya lebih sulit lagi untuk ditertibkan ya...

    ReplyDelete
  2. he eh.. tapi kalo ada wabah, kena semua dong tuh.. :(

    ReplyDelete
  3. Dulu saya pernah kesebuah negara dimana spitting adalah suatu hal yang sangat lumrah, why ? karena spitting buat mereka adalah budaya untuk buang sial. Berhubung saya adalah orang yang menjaga kebersihan, bisa dibayangkan betapa stress nya saya berada dilingkungan ini, terutama kalau sedang berada di pasar tradisional mereka.
    Hmm ... sekarang ini saya jadi mikir lagi, kenapa saat itu, mereka sering buang ludah di dekat saya ya ? *jadiberpikirkalausayapembawasial* heheheheheh

    ReplyDelete
  4. Ternyata bisa menimbulkan penyakit yah.. nice post..

    ReplyDelete
  5. jorok tuh ngeludah di sembarang tempat . .

    ReplyDelete

Post a Comment