Manfaat Cuci Tangan

“Sudah cuci tangan apa belum? Ayo, cuci tangan dulu!” Kalau kalimat itu sering Anda sampaikan pada si kecil, berarti Anda orangtua yang bijak dan tahu arti kesehatan. Kendati, di sisi lain mungkin si anak sebal karena terus-menerus diingatkan dan cenderung “lupa” jika tidak ditegur.

Cuci tangan memang sangat sepele kedengarannya. Sebagai suatu pekerjaan yang harus dilakukan pun, cuci tangan bukan hal berat. Tetapi manfaatnya? Luar biasa! Keuntungan yang paling sederhana dari kegiatan ini adalah membuat anak terbebas dari kuman.


Biang keladi penyakit

Seperti kita ketahui, tangan adalah bagian tubuh yang paling sering bersentuhan dengan benda-benda di sekitar kita, yang belum tentu terjamin kebersihannya. Nah, dengan mudah pula, kuman menempel di tangan kemudian berpindah ke tempat lain. Entah karena kita kemudian memegang benda lain atau bahkan menyentuh bagian tubuh kita sendiri.

Anggota tubuh yang paling sering berhubungan langsung dengan tangan adalah mulut dan hidung. Alhasil, tangan yang kotor menjadi salah satu penghantar utama masuknya kuman/mikroba penyebab penyakit ke dalam tubuh. Sementara mulut dan hidung merupakan pintu masuk kuman ke dalam tubuh. Celakanya, anak kecil amat suka memegang berbagai benda bahkan memasukkan tangan atau benda apa saja ke dalam mulut mungilnya.

Banyak penyakit yang ditularkan melalui tangan, antara lain influenza, meningitis, hepatitis A, diare, penyakit kulit, dan gangguan usus. Pada banyak kasus, anak yang menderita diare akut, bisa berujung pada kematian. Asal tahu saja, jika tangan manusia menyentuh tinja, maka akan terkontaminasi dengan lebih dari 10 juta virus dan satu juta bakteri yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Jadi, tak bisa ditawar lagi, cuci tangan secara benar dengan menggunakan sabun, amat besar manfaatnya demi menjaga kesehatan bahkan nyawa si kecil.

Sesering mungkin

Kapan harus cuci tangan? Lakukan sesering mungkin! Terutama selama musim flu. Jika secara berkala mencuci tangan dengan benar, dapat mengurangi risiko terkena atau menyebarkan flu. Segera cuci tangan dengan sabun ketika:

* Sebelum dan sesudah menyiapkan makanan/masakan. Ini dapat mengurangi risiko terkena atau menyebarkan bakteri yang menyebabkan makanan beracun. Cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah mengolah masakan dari jenis unggas, telur mentah, daging, atau seafood.

  • Sebelum dan sesudah makan.
  • Usai buang air kecil/besar. Juga sehabis mengganti popok si kecil.
  • Sesudah bersin, batuk, membuang ingus.
  • Sehabis memegang barang yang kotor.
  • Usai menggunakan telepon, bersalaman.
  • Setelah main/memegang/memberi makan binatang peliharaan.
  • Sehabis bepergian, main di luar rumah, berkebun, dan kegiatan lainnya.

Sekali lagi, jangan anggap remeh manfaat dahsyat mencuci tangan. Jangan pernah bosan pula mengingatkan anak untuk melakukannya, termasuk memberi contoh pada si kecil. Hanya dengan sekian detik mengorbankan waktu untuk cuci tangan, kita tak perlu buang-buang waktu (dan uang) karena harus terbaring di rumah sakit.

Cara tepat cuci tangan

1. Cuci tangan dengan air (akan lebih sempurna jika airnya hangat) yang mengalir dan gunakan sabun. Tak perlu harus sabun khusus antibakteri, namun lebih disarankan sabun yang berbentuk cairan.
2. Gosok tangan setidaknya selama 15-20 detik.
3. Bersihkan bagian pergelangan tangan, punggung tangan, sela-sela jari, dan kuku.
4. Gunakan tisu/handuk sebagai penghalang ketika mematikan keran air karena bagian itu sudah menjadi kotor saat Anda membuka/memutarnya ketika akan mencuci tangan.

Comments

  1. horee.. aku paling hobi cuci tangan, soalnya kalo tangan berasa kotor, aku cenderung jadi grumpy.. sekarang jadi kebiasaan. nyampe kantor, cuci tangan. nanti di sela2 jam kerja juga pasti cuci tangan. bahkan sampe punya sabun cair sendiri, supaya kalo di kamar mandi abis, aku masih bisa pake sabun sendiri.

    sekarang, aku jadi sering ngingetin anggota keluarga yang lain. begitu pulang dari bepergian, langsung "ayo, cuci tangan dulu".

    soal keran air yang kotor, aku biasanya waktu tangan masih bersabun, kerannya juga kusabunin. jadi tangan bersih, keran pun bersih.

    biasakan mencuci tangan, untuk tubuh yang lebih sehat! ^^

    ReplyDelete
  2. wah bisa jadi duta kesehatan kita nih....

    ReplyDelete

Post a Comment