Halang Rintang : Sungai

Sungai merupakan halang rintang yang mungkin ditemui dalam mengevakuasi pasien dari lokasi ke rumah sakit. Yang termasuk dalam sungai sebagai halang rintang adalah yang minimum memiliki lebar 500 Cm berisi air minimum setinggi lutut.

Langkah-langkah melewati sungai dengan membawa pasien diatas tandu adalah sebagai berikut :
  1. Kurang lebih 3 meter dari pinggir sungai atau tempat yang diperkirakan aman regu penolong berhenti dan kemudian menurunkan tandu beserta pasien.
  2. Logistik melapor bahwa di depan ada rintangan, selanjutnya melakukan penjajakan (survei) medan/ rintangan.
  3. Logistik melakukan survei/menjajaki mencari tempat yang memungkinkan di lalui. Dengan menggunakan tongkat bendera menjajaki kedalaman sungai dan melangkahkan kaki dengan cara menelusur dasar sungai (tidak di angkat) sampai diseberang sungai. Arah yang hendak dilalui kurang lebih miring 60 derajat serah arus sungai. Untuk keamanan bila perlu menggunakan tambang pengaman. Setelah sampai di seberang kemudian menancapkan bendera.
  4. Sementara Logistik survei, anggota kelompok lain melakukan pemeriksaan keadaan pasien dan mempersiapkan perlengkapan yang diperlukan
  5. Logistik kembali dan melaporkan keadaan rintangan bahwa rintangan dapat dilalui.
  6. Posisi berjalan sama dengan di darat, Logistik berjalan lebih dulu sambil memberi isyarat dan aba-aba lainnya kepada pengusung pasien
  7. Berjalan di sungai tidak boleh melangkahkan kaki seperti layaknya di darat, tapi dengan cara menelusurkan telapak kaki. Kalaupun harus melangkah tidak boleh tinggi-tinggi.
  8. Membawa usungan boleh di pundak atau di lengan tergantung kedalaman sungai. Yang tidak boleh dilupakan adalah tali pengaman benar-benar sudah erat menyatu antara pasien dengan tandu.
  9. Sebelum melanjutkan perjalanan memeriksa keadaan pasien, selanjutnya petugas menempati posisi pengusungan dan melanjutkan perjalanan dengan posisi kepala di belakang

Comments