Halang Rintang : Pagar Tembok

Pagar tembok adalah salah satu rintangan yang harus dihadapi regu penolong. Rintangan pagar tembok adalah rintangan yang harus dilalui dengan cara melompati rintangan dengan pasien tetap berada di atas tandu. Tinggi pagar tembok berkisar 125 – 150 Cm.

Langkah-langkah melewatinya adalah sebagai berikut:

  1. Kurang lebih 2 meter dari rintangan tandu diturunkan dengan posisi lurus menghadap rintangan dengan posisi kepala pasien di depan.
  2. Pembawa bendera melapor bahwa di depan ada rintangan, selanjutnya melakukan penjajakan (survei) medan/rintangan dengan cara memeriksa kekuatan rintangan.
  3. Pembawa bendera melakukan survai, melompati rintangan untuk meneliti keadaan dan keamanan kemudian menancapkan bendera.
  4. Sementara pembawa bendera survei anggota kelompok lain melakukan pemeriksaan keadaan pasien dan mempersiapkan perlengkapan yang diperlukan
  5. Pembawa bendera kembali dan melaporkan keadaan rintangan bahwa rintangan dapat dilalui dengan tandu.
  6. Tandu dan pasien diangkat bersama-sama, kemudian ujung pegangan bagian depan diletakkan di atas rintangan dengan hati-hati digeser sampai melewati kaki tandu. Dua orang pemegang usungan bagian belakang tetap mengangkat tandu dan harus menyesuaikan agar tetap sejajar dengan rintangan.
  7. Posisi pembawa bendera berada di bawah tandu, sedangkan pemegang tandu yang di depan segera melompati rintangan.
  8. Sampai di seberang di bawah aba-aba mengangkat tandu tidak tinggi tetapi hampir menyentuh rintangan sampai kaki tandu.
  9. Posisi pembawa bendera memegang tandu petugas pemegang tandu bagian belakang melompati rintangan. Setelah berada diseberang rintangan, bersama-sama petugas pemegang tandu di depan secara berhati-hati mengangkat tandu dan menurunkan tandu, pembawa bendera menyusul melompati rintangan.
  10. Sebelum melanjutkan perjalannan memeriksa keadaan pasien, selanjutnya petugas menempati posisi pengusungan dan melanjutkan perjalanan dengan posisi kepala di belakang.

Comments