Cukul, The Beautifully of Pangalengan

Lokasi perkebunan teh Cukul, Pangalengan Bandung adalah tempat akan dilaksanakannya kegiatan PMR 70 selanjutnya. Seperti apakah Cukul itu? Objek-objek wisata apa saja yang menarik untuk dilihat di sana? Dan bagaimana kehidupan para pemetik dan buruh teh yang banyak tinggal di Cukul Estate?

Cukul merupakan salah satu kebun teh PTPN VIII di area Malabar, sekitar 3 jam perjalanan (mobil) dari Bandung, di ketinggian sekitar 1600 meter di atas permukaan laut. Dari banyak referensi di internet, bisa dipahami bahwa Cukul adalah suatu wilayah yang indah dengan banyak objek yang menarik untuk dikunjungi.

Salah satunya tempat yang patut dikunjungi adalah Situ Cukul. Pengunjung bisa menikmati pemandangan Gunung Wayang, Malabar maupun Windu dari Situ ini. Selain itu, karena berada di kawasan perkebunan teh pada ketinggian 1.528 di atas permukaan laut, pengunjung juga bisa menikmati karunia Ilahi, menghirup udara segar khas pegunungan. Selain menawarkan kesejukan udara, Cukul juga menyajikan pemandangan yang eksotik. Posisi situ yang melingkari bukit kecil dan di atas bukit tersebut terdapat Vila Jerman atau Vila Cukul bergaya Eropa, mengajak kita berfantasi ke negeri yang belum pernah kita kunjungi. Situ Cukul dengan Vila Cukulnya juga sering menjadi tempat shooting film atau sinetron. Sebut saja film "Love Is Cinta" dan "Tentang Cinta."

Pabrik teh Cukul juga merupakan lokasi yang mengasyikan untuk dilihat. Disini kita bisa melihat pemrosesan teh di pabrik yang berusia lebih dari 60 tahun yang khusus memproduksi teh hitam ini. Dari sini kita bisa juga melihat rumah buruh pemetik teh di Cukul Estate sebagai kegiatan yang dapat dilakukan. Di Cukul Estate jangan harap kita menemukan rumah-rumah mewah seperti halnya perumahan real estate di kota-kota besar. Apalagi pasca-gempa bumi 2009 lalu, perumahan buruh di Cukul Estate sangat memprihatinkan. Di Cukul Estate inilah tepatnya di SDN Cukul, PMR 70 akan menggelar baksos.

Saat berkunjung ke Cukul Estate, kita akan merasakan dan menemui kampung dengan masyarakat Sunda yang masih terjaga. Di Cukul Estate lah kita akan menemui kehidupan masyarakat yang tidak pernah kita temui di perkotaan. Oleh karena itu, bila ingin menikmati pemandangan alam nan eksotik serta masyarakat Sunda nan santun serta ramah tamah, ikutilah kegiatan Tea Walk & Baksos PMR 70. Suatu pengalaman berharga yang tidak dapat dinilai dengan uang. Dan, tentu saja, tak ditemukan di tempat lain.

Mau?

Comments

Post a Comment